in

Begini Cara Cek Penerima Bansos BST Rp500 Ribu dari Kemensos

Cukup dengan smartphone anda dapat mengetahui daftar penerima BLT Bansos BST Rp500 Ribu per KK dari Kemensos, yakni dengan login di cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Kemensos telah menyediakan situs layanan online khusus untuk mengecek daftar penerima BLT Bansos BST Rp500 Ribu per KK E-Form online.

Kemensos telah menargetkan sebanyak 9 juta  keluarga akan menerima bantuan dengan total anggaran sebesar Rp4,5 triliun dan proses penyalurannya akan dilakukan pada bulan Oktober ini.

Program BLT Bansos BST Rp500 ribu per KK yakni program yang dikeluarkan pemerintah  melalui Kemensos untuk keluarga non PKH atau bukan penerima manfaat PKH.

Syarat yang harus dipenuhi pendaftar BLT Bansos BST Rp500 ribu per KK antara lain, keluarga yang bukan penerima manfaat Program Keluarga Harapan atau PKH. Pendaftar juga bukan penerima Program Bantuan Pangan Nontunai atau BNPT Kartu Sembako.

Program BLT Bansos BST Rp500 ribu per KK dari Kemensos, dapat dicairkan melalui Bank Milik Negara atau bank HIMBARA yang terdiri dari bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Berikut cara mudah mengecek daftar nama penerima BLT Bansos BST Rp500 ribu per KK secara online:

– Login di cekbansos.siks.kemsos.go.id.

– Pilih kolom kepesertaan ID e-KTP atau data kepesertaan penerima bantuan iuran atau PBI Kartu Indonesia Sehat atau KIS

– Isi nomor ID atau NIK atau ID data terpadu kesejahteraan sosial DTKS

– Isikan kolom nama lengkap sesuai dengan e-KTP pendaftar

– verifikasi kode chapta lalu klik konfirmasi

– Cari “Keterangan bansos” setelah itu, data akan ditampilkan di aplikasi apakah anda tercatat sebagai penerima BLT Bansos BST Rp500 ribu per KK atau tidak.

Jika hasil pencarian daftar penerima BLT Bansos BST Rp500 ribu per KK terdapat nama anda, segera cairkan dana bansos tersebut.

Cara kedua jika cara cek BLT Bansos BST Rp500 ribu per KK secara online tidak bisa, anda dapat mendatangi Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat terkait ketersedian data anda.

Pemerintah melalui Erick Thohir telah mengumumkan empat Bantuan Langsung Tunai diperpanjang hingga 2021. Salah satunya adalah bansos BST Rp500 ribu per KK non PKH.

“Ahamdulillah bahwa pada saat ini yang namanya bantuan kepada masyarakat bantuan sosial harus dijalankan seimbang dengan penganan covid.

Bantuan presiden bantuan produk usaha mikro berjalan sangat baik tentu ini yang akan dilanjutkan di tahun 2021,” kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam Rakor Pemda DIY, Selasa, 27 Oktober 2020.

Erick Thohir juga menambahkan tidak hanya BPUM yang diperpanjang. Tetapi, pemerintah kini akan memperpanjang BLT Subsidi Gaji, BST Bansos Rp500 ribu non PKH, dan Kartu Prakerja.

Semoga bermanfaat!

Sumber: mediablitar

Rekomendasi