in

Sejarah Duit Digital ‘Dogecoin’ yang Bakal Bersaing dengan Bitcoin

Dogecoin merupakan cryptocurrency terpanas dan paling unik saat ini. Nilai total dogecoin yang beredar hampir US$ 50 miliar atau Rp 726 triliun (asumsi Rp 14.500/US$), menjadi mata uang digital paling berharga nomor lima dan telah meningkat lebih dari 6.000% tahun ini, menurut CoinMarketCap.

Namun siapa sangka cryptocurrency dogecoin yang bersaing dengan Bitcoin dimulai dari sebuah lelucon. Dilansir dari CNN International, dogecoin dibuat 6 Desember 2013 oleh sepasang insinyur perangkat lunak.

Ialah Billy Markus, seorang programmer IBM dari Portland, Oregon, bersiap untuk membedakan crypto-nya dari bitcoin, yang dibuat oleh pencipta anonim dan menarik sekelompok kecil penambang.

Menurut Usman Chohan, ekonom di University of New South Wales Business School, Markus ingin cryptocurrencynya terbuka untuk umum.

Markus mencari bantuan untuk mewujudkan mimpinya yang aneh dan menemukan Jackson Palmer, yang bekerja untuk Adobe (ADBE). Palmer membeli domain dogecoin.com, yang mengacu pada meme “doge” di seluruh internet pada saat itu.

Di dogecoin.com, maskotnya diberi judul: “Dogecoin adalah mata uang digital peer-to-peer open source, disukai oleh Shiba Inus di seluruh dunia.”

Meski dimulai sebagai lelucon, popularitas dogecoin kini melonjak, dan sebagian didukung oleh adopsi arus utama bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Per Jumat (16/4/2021), harga dogecoin naik dua kali lipat lagi setelah CEO Tesla Elon Musk men-tweet tentang uang kripto itu untuk kesekian kalinya. Permintaan Dogecoin melonjak begitu banyak minggu ini, itu secara singkat merusak sistem perdagangan cryptocurrency Robinhood.

Seperti semua cryptocurrency, dogecoin adalah mata uang digital yang dapat dibeli dan dijual seperti investasi dan dibelanjakan seperti uang.

Tidak seperti bitcoin, yang telah menetapkan 21 juta sebagai jumlah terbatas dari mata uang digital, dogecoin memiliki 129 miliar koin yang beredar dan akan terus membuat blok koin baru tersedia untuk ditambang setiap tahun. Itulah bagian dari alasan satu dogecoin saat ini dihargai sekitar tiga sen dan bitcoin bernilai sekitar US$ 62.000 (Rp 900 juta).

Halaman: 1 2

Rekomendasi